Mengenal ayam nunukan

Mengenal ayam nunukan

S128 Sabung Ayam, S128 Adu Ayam,           Mungkin dari kalian nama ayam ini tidak asing terdengar ditelinga kalian. Ayam Nunukan adalah salah satu jenis  ayam lokal atau ayam jenis buras yang berasal dari daerah Kalimantan timur. Berdasarkan sejarah ayam ini diperkirakan berasal dari negara Cina yang dibawa masuk ke Tawau, Malaysia dan akhirnya berkembang di pulau Tarakan, S128 Laga Ayam,  tepatnya di daerah Nunukan. Pertumbuhan bulu pada ayam ini yang sangat lambat membuat ayam ini sangat mudah untuk beradaptasi dilingkungan yang cukup panas. Bahkan saat ini ayam jenis ras seperti ini, juga dikembangkan di Amerika Serikat.

Ciri Khas dari Ayam Nunukan

Karakteristik khas dari ayam nunukan yang membedakan jenis ayam ini dengan ayam yang lainnya, diantara lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Bulu utama atau pluma, sayap dan juga ekor tidak berkembang atau sangat lambat dalam berkembang, S128 Adu Jago, S128 Sabung Ayam Online sehingga tampak tidak mempunyai berekor.
  2. Warna bulu pada ayam nunukan ini berwarna coklat kemerahan dengan bagian ujungnya berwarna hitam atau tipe Columbia, warna sisik pada ceker kuning atau putih. Pada saat ini ayam tersebut sudah banyak digunakan dalam upacara ritual keagamaan etnis Cina,

 

Populasi Ayam Nunukan

Pada saat ini populasi dari Ayam Nunukan sendiri sudah semakin berkurang, hal ini disebabkan karena habitatnya dari  tahun ke tahun semakin sangat sempit, terutama pada daerah asalnya sendiri. Bahkan ayam nunukan ini dapat terancam akan jadi punah jika populasinya terus menurun dan tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat.

 

Karakteristik dari ayam nunukan diantaranya yaitu :

  1. Ayam nunukan mempunyai warna bulu merah keemasan
  2. Ayam nunukan mempunyai Belu sayap dan ekor tidak berkembang sempurna
  3. Ayam nunukan mempunyai Paruh dan kaki berwarna putih dan kuning
  4. Ayam nunukan mempunyai Telur berwarna putih
  5. Ayam nunukan mempunyai Tubuh besar dengan jengger dan Pial merah cerah
  6. Ayam nunukan mempunyai Umur saat bertelur 5,5 – 6 bulan
  7. Anak berumur 45 hari cenderung berbulu kapas
  8. Ayam nunukan mempunyai Bobot dewasa jantan dapat mencapai  2,6 – 3,8 kg, sedangkan untuk betina mencapai 2,4 – 2,7 kg
  9. Ayam nunukan mempunyai Produksi telur mencapai 120 – 140 butir per tahun, bobot telur 40 – 60 gram per butir